Mengatur konten Netflix

Cara Mengatur Pembatasan Konten Netflix Sesuai Usia

Sebelum pemerintah memberlakukan pembatasan konten di dalam platform Netflix, pada dasarnya layanan ini sudah mendukung fitur Parental Controls yang bisa mengatur tiap usia pengguna agar gak asal nonton tayangan yang gak sesuai umur. Netflix pada dasarnya sudah memiliki opsi pengaturan umur di dalamnya, serta membatasi konten mana saja yang dirasa vulgar agar gak bisa sembarang ditonton. Netflix menekankan soal fitur Parental Controls yang sudah melengkapi layanannya sejak beberapa waktu lalu. Di dalam fitur Parental Controls, pengguna akan disuguhkan oleh pembatasan manual yang sudah dikategorikan berdasarkan usia.

Berikut adalah panduan singkat mengenai cara mengatur konten Netflix sesuai usia. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur Parental Controls dan memanfaatkan panduan memilih tayangan keluarga di Netflix.

Cara Mengatur Konten Netflix Sesuai Usia

Mengatur konten Netflix sesuai dengan usia pengguna sangat penting untuk menjaga pengalaman menonton yang aman dan sesuai. Untungnya, Netflix menyediakan fitur Parental Controls yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol dan membatasi tayangan yang sesuai dengan batas usia. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengatur konten Netflix sesuai usia.

Aktifkan Fitur Parental Controls

Pertama, login ke akun Netflix melalui laptop atau PC. Setelah itu, pilih ikon profil Anda dan klik opsi di pojok kanan kemudian pilih “Settings”. Di halaman Settings, pilih “Account Details” di bawah bagian Account. Anda akan diarahkan ke situs Netflix langsung. Pada halaman tersebut, cari menu “Parental Controls” dan masukkan password Netflix Anda. Anda akan dibawa ke laman Parental Controls.

Baca Juga:  20 Tips Merawat Baterai Laptop agar Awet dan Tahan Lama

Buat PIN dan Pilih Pembatasan Berdasarkan Usia

Pada laman Parental Controls, Anda dapat membuat PIN khusus sesuai keinginan. PIN ini akan digunakan untuk mengatur dan mengontrol tayangan yang sesuai dengan batas usia. Selanjutnya, Anda dapat memilih pembatasan berdasarkan usia anak Anda. Netflix menyediakan pilihan umur mulai dari 7 tahun ke atas, 13 tahun ke atas (remaja), 16 tahun ke atas (dewasa), dan semua usia. Pilihlah batasan yang sesuai dengan usia pengguna agar tayangan yang tidak sesuai tidak dapat diakses.

Pastikan Penggunaan PIN Secara Rutin

Setelah mengatur Parental Controls, pastikan untuk menggunakan PIN secara rutin dan menjaganya dengan baik. Jangan memberikan PIN kepada anak-anak atau orang yang tidak memiliki hak akses untuk mengubah pengaturan konten. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa tayangan yang ditonton oleh anak-anak sesuai dengan batas usia dan nilai-nilai keluarga yang diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengatur konten Netflix sesuai usia. Fitur Parental Controls akan membantu menciptakan lingkungan streaming yang aman dan menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga.

Panduan Memilih Tayangan Keluarga di Netflix

Selain fitur Parental Controls, Netflix juga menyediakan panduan memilih tayangan keluarga. Beberapa tips untuk memilih tayangan yang sesuai untuk keluarga di Netflix adalah:

  1. Buat profil yang beragam untuk berbagai usia: Satu akun Netflix dapat memuat lima profil. Setiap profil dapat diatur menurut usia masing-masing sehingga tayangan yang tersedia pun sesuai dengan batas usia.
  2. Kenali pusat “Profil dan Kontrol Orang Tua”: Semua pengaturan untuk profil dapat dilakukan di satu tempat. Di laman Akun, pengguna dapat mengatur bahasa yang digunakan, batas usia, sampai aturan playback sesuai keinginan.
  3. Menyesuaikan level rating: Setelah membuat profil terpisah bagi anak-anak, dapat memastikan mereka hanya dapat mengakses tayangan sesuai batas usia. Pengguna dapat memilih rentang usia yang sesuai untuk masing-masing profil.
Baca Juga:  Panduan Belanja Online Aman dan Terpercaya

Dengan mengikuti panduan ini, pengguna dapat dengan mudah memilih tayangan yang sesuai dengan nilai-nilai keluarga dan batasan usia. Pastikan untuk memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh Netflix untuk menciptakan pengalaman menonton yang aman dan menyenangkan bagi seluruh keluarga.

Tayangan Keluarga Batas Usia
Peppa Pig Semua Usia
Upin & Ipin Semua Usia
The Incredibles 7 Tahun ke Atas
Moana 7 Tahun ke Atas
Harry Potter and the Sorcerer’s Stone 13 Tahun ke Atas
Stranger Things 16 Tahun ke Atas

Dalam tabel di atas, dapat dilihat beberapa tayangan keluarga populer beserta batasan usianya. Dengan mengacu pada batasan usia ini, pengguna dapat memilih tayangan yang sesuai untuk setiap anggota keluarga. Pastikan juga untuk selalu memperbarui preferensi dan pengaturan pada fitur Parental Controls agar tetap relevan dengan perkembangan usia dan minat setiap individu dalam keluarga.

Kesimpulan

Mengatur konten Netflix sesuai usia sangat penting untuk menciptakan lingkungan streaming yang aman bagi keluarga. Dengan menggunakan fitur Parental Controls yang telah disediakan oleh Netflix, orangtua dapat mengendalikan konten yang dapat diakses oleh anak-anak sesuai dengan usia mereka. Fitur ini memungkinkan orangtua untuk membatas konten yang dianggap tidak sesuai agar anak-anak tidak asal menonton.

Selain itu, Netflix juga menyediakan panduan memilih tayangan keluarga yang dapat membantu orang tua dalam memilih tayangan yang sesuai untuk anak-anak. Dengan membuat profil terpisah untuk setiap anggota keluarga dan mengatur batas usia pada masing-masing profil, orang tua dapat memastikan bahwa anak-anak hanya dapat mengakses tayangan yang sesuai dengan usia mereka. Fitur ini memberikan kebebasan kepada orang tua untuk menyesuaikan level rating yang diizinkan untuk setiap profil.

Dalam kesimpulannya, mengatur konten Netflix sesuai usia dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Dengan menggunakan fitur Parental Controls dan mengikuti panduan yang telah disediakan oleh Netflix, kita dapat menciptakan pengalaman menonton yang aman dan sesuai dengan nilai-nilai keluarga. Jadi, tidak perlu khawatir lagi tentang anak-anak kita asal menonton konten yang tidak sesuai!